Panduan Memilih Solar Panel untuk Kebutuhan Rumah Tangga

Zaman yang semakin modern membuat tren penggunaan solar panel mulai meluas di masyarakat. Hal ini membuat banyak calon pengguna yang tertarik untuk membeli produk panel surya. Akan tetapi, tidak adanya pengalaman membeli produk seperti ini sebelumnya mungkin membuat anda bingung. Maka dari itu, simak tips berikut agar dapat membeli panel surya secara mandiri.

Tips Membeli Panel Surya

Tips Membeli Panel Surya
  1. Menentukan Jenis Panel

Sebelum membeli panel surya, sebaiknya anda mengetahui jenis panel yang umum digunakan. Secara garis besar, terdapat dua tipe solar cell yang ada di pasaran yaitu tipe crystalline dan amorphous. Tipe crystalline mempunyai harga yang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan amorphous.

Hal tersebut lantaran tipe crystalline hanya mengalami drop tegangan kurang dari 5 persen saja setelah 10 tahun, dan life time mencapai sekitar 25 tahun lamanya. Di pasaran, solar cell tipe crystalline tersebut ada beberapa macam, di antaranya yaitu poly, multy, serta mono crystalline.

Sedangkan solar cell tipe amorphous sebaliknya mempunyai harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe crystalline. Setelah digunakan selama kurang lebih 5 tahun, drop tegangannya mencapai 20 persen. Life time-nya juga hanya sampai 10 tahun saja, mengingat harganya yang cukup terjangkau. Kendati demikian, bukan berarti tipe ini berkualitas.

  1. Pastikan Garansi

Dalam memilih solar panel, pastikan anda mengetahui berapa lama garansi yang ditawarkan oleh produsen atau penjual. Pasalnya panel surya tersebut merupakan perangkat yang ditujukan untuk pemakaian dalam jangka panjang. Sehingga semakin lama waktu garansi yang diberikan maka akan semakin baik. Jadi anda bisa memastikan bahwa perangkat dapat digunakan untuk waktu yang lama.

  1. Sertifikasi Panel Surya

Sertifikasi yang diberikan pada perangkat panel surya menunjukkan mengenai jenis pengujian yang telah dilakukan pada alat pembangkit listrik tersebut. Sebagai contoh, solar cell sudah diuji oleh laboratorium independen. Sehingga sertifikasi tersebut akan membuktikan spesifikasinya telah sesuai dengan yang diiklankan oleh pihak penyedia, jadi hal ini berlaku untuk setiap pembelian.

  1. Deteksi Cacat Kualitas Panel Surya

Tahukah anda bahwa mendeteksi cacat kualitas pada solar panel juga bisa dilakukan tanpa adanya peralatan pengujian ? Pertama, anda perlu memperhatikan apakah ada goresan atau tidak pada permukaan kaca. Goresan pada permukaan kaca bisa dengan mudah anda lihat secara visual, sehingga anda dapat menghindari panel surya yang mempunyai banyak goresan.

Selain itu, pastikan bahwa label yang terpasang pada panel surya tidak kabur atau memudar. Adanya label tersebut menandakan bahwa perangkat sudah memenuhi standar. Idealnya, label barcode bisa ditemukan di bagian dalam lapisan kaca laminating solar cell. Pastikan label ada di sana, karena klaim garansi pun biasanya mengharuskan anda menyerahkan nomor kode batang.

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan ketika hendak membeli dan memasang panel surya di rumah. Untuk mendapatkan perangkat berkualitas dan tanpa cacat, anda bisa segera menghubungi SUN Energy. SUN Energy merupakan salah satu penyedia solar cell terbaik di Indonesia, target pasarnya juga mencakup pengguna rumah tangga sehingga akan memudahkan anda dalam instalasi nantinya.